.: Selamat Datang di Website Resmi Dana Pensiun LIA :.

 
LAPORAN DEWAN PENGAWAS DAPEN 2011

 

2.    Analisa Administrasi Secara Umum

Dalam tahun 2011 DAPEN LIA telah diperiksa oleh Biro Dapen BAPEPAM & LK, Kementrian Keuangan, dalam rangka pengawasan dan pembinaan dalam pengelolaan Dana Pensiun sesuai dengan Peraturan dan Ketentuan yang berlaku. Dari hasil tersebut, DAPEN LIA mendapat beberapa rekomendasi untuk penyempurnaan kelengkapan pedoman pengelolaan, antara lain pembuatan Pedoman Dissaster Recovery Plan (DRP),Penyempurnaan Pedoman Prosedur Investasi, Pedoman Kriteria & Proses Pengangkatan Pengurus dan Dewan Pengawas, yang telah selesai dilaksanakan dan diserahkan pada tanggal 19 September 2011 ke BIRO DANA PENSIUN BAPEPAM LK.

Peningkatan kemampuan Pengurus, Pengawas dan Karyawan DAPEN, terus dilaksanakan secara berkala. Terdapat kekurangan tenaga akuntansi yang belum dipenuhi sejak dimutasinya staf yang lama ke unit kegiatan lain di lingkungan Pendiri, dipenuhi pada Tahun Anggaran 2012

 

3.  Kesimpulan

 

Kondisi DAPEN LIA padatahun 2011 tetap mengalami peningkatan kualitas, yang ditandai dengan meningkatnya Nilai Aktiva Bersih,Rasio Kecukupan Dana (RKD), mesikipun mengalami kendala pada investasi pasar modal, karena kondisi pasar yang kurang baik pada semester dua, yang kemungkinan akan berlanjut pada kuartal III tahun 2012 sebagai dampak dari memburuknya kondisi ekonomi global. Untuk itu,tetap disarankan agar Pengurus waspada dan terus mencermati perkembangan pasar serta meningkatkan prinsip kehati-hatian dalam berinvestasi. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pelaksanaan rekomendasi dan saran dari Biro Dana Pensiun BAPEPAM & LK Kementrian Keuangan.

Pengurus agar tetap berkoordinasi dengan Pengawas dan segera melaporkan kepada Pendiri apabila terdapat kejadian istimewa yang berdampak secara signifikan terhadap Investasi dan Aktiva DAPEN LIA.

 

Demikian laporan pelaksanaan pengawasan kami, terima kasih atas perhatiannya.

 

Jakarta,  22 Mei 2012

 

Ir. Nusirwan Sutan Assin

Ketua Dewan Pengawas DAPENLIA